contoh halaman depan dan sampul ( RPP rtf )

Unduh
DAFTAR USULAN PENETAPAN ANGKA KREDIT
kompos SAMBAK KAJORAN MAGELANG
-----------------------------------------------------------------------------------------


PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V  SD N 2 WIRUN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010




SKRIPSI



Diajukan kepada Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Yogyakarta
Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
 Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan









Oleh
AGUNG ADI ARYONO








PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN PENDIDIKAN PRA SEKOLAH DAN SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
APRIL 2099


PERSETUJUAN



Skripsi yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V  SD N 2 Wirun Tahun Pelajaran 2009/2010” ini telah disetujui oleh dosen pembimbing untuk diujikan.



                                                                                                               

                                                                                                





            Yogyakarta, 20 Maret 2010
Dosen Pembimbing




HB. Sumardi, M.Pd
NIP. 19540515 198103 1 004









PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama
:
Agung Adi Aryono
NIM
:
06108248252
Jurusan
:
Program Pendidikan Sekolah Dasar
Fakultas
:
Ilmu Pendidikan
Lembaga
:
Universitas Negeri Yogyakarta
Judul Penelitian
:
Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V  SD N 2 Wirun Tahun Pelajaran 2009/2010
Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi ini benar-benar karya saya sendiri. Sepanjang pengetahuan saya tidak terdapat karya atau pendapat yang ditulis atau diterbitkan orang lain kecuali dengan acuan/kutipan dengan tata penulisan karya ilmiah yang berlaku.
Tanda tangan dosen penguji dalam lembar pengesahan adalah asli, apabila terbukti palsu maka saya bersedia untuk memperbaiki dan mengikuti yudisium satu tahun lagi.


            Yogyakarta,  April  2010
Yang menyatakan,




Lestari Wijayanti
NIM. 06108248252




PENGESAHAN

Skripsi yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V  SD N 2 Wirun Tahun Pelajaran 2009/2010 ini telah dipertahankan di depan Dewan Penguji Skripsi pada tanggal 9 April 2010 dan dinyatakan telah memenuhi syarat guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan.




Dewan Penguji

Nama
Jabatan
Tanda tangan
Tanggal

HB. Sumardi, M.Pd
Ketua Penguji
……………….
……...........

Murtiningsih, M.Pd
Sekretaris Penguji
………………
……...........

L. Andriani, M.Hum
Penguji Utama
………………
……...........









                                                                        Yogyakarta,    April 2010
                                                                        Fakultas Ilmu Pendidikan
                                                                        Universitas Negeri Yogyakarta
                                                                        Dekan,


                                                                       
                                                                       
                                                                        Prof. Dr. Achmad Dardiri, M. Hum
                                                              NIP. 19550205198103 1 004





MOTTO


“Nasib baik adalah titik temu antara doa dan usaha”
(Buchari Alma)

 “Orang yang paling berkuasa adalah orang yang dapat menguasai dirinya sendiri” (anonim)


“Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna” (Einstein)









PERSEMBAHAN
Skripsi ini peneliti persembahkan untuk:
1.        Bapak dan ibu tercinta, terima kasih atas doa, kasih sayang, dukungan dan perhatian yang selama ini diberikan.
2.        Adikku  tersayang, terima kasih atas dukungan dan kasih sayangnya.
3.        Mas Pradana yang senantiasa memberikan semangat, perhatian dan kasih sayang selama ini.
4.        Teman-teman yang tidak bisa peneliti sebutkan satu persatu.
5.        Almamater tercinta.












PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V  SD N 2 WIRUN
TAHUN PELAJARAN 2099/3000

Oleh :
AGUNG ADI ARYONO
06108248252

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 2 Wirun dengan metode sosiodrama.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian berlangsung dalam dua siklus yang masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 2 Wirun. Keterampilan yang akan ditingkatkan adalah keterampilan berbicara siswa yang meliputi aspek pelafalan bunyi, penggunaan intonasi, pemilihan kata, penyusunan kalimat, kelancaran dan ekspresi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yaitu deskriptif kuantitatif dengan mencari rerata dan persentase. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif yaitu dengan model alur (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi peyidik. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai rata-rata kelas keterampilan berbicara dari pra tindakan, siklus I dan siklus II serta apabila 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai taraf keberhasilan minimal yaitu 70.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan metode sosiodrama. Peningkatan itu dapat dilihat pada rata-rata hasil penilaian dari keadaan awal 63,57 meningkat pada siklus I yaitu 70,43 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 75,57. Selain itu juga adanya peningkatan persentase jumlah siswa yang tuntas KKM dari pra tindakan 23,82% meningkat menjadi 62% pada siklus I kemudian mencapai indikator keberhasilan pada siklus II yaitu 81%.

Kata kunci: keterampilan berbicara, sosiodrama, SD N 2 Wirun




KATA PENGANTAR
Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah Swt atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan tugas akhir skripsi yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V  SD N 2 Wirun Tahun Pelajaran 2009/2010”.
Penyusunan skripsi ini tidak akan terselesaikan dengan baik tanpa bantuan dari semua pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada yang terhormat:
1.      Bapak Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
2.      Bapak A.M Yusuf, M.Pd selaku Ketua Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.
3.      Bapak HB. Sumardi, M.Pd selaku pembimbing yang dengan penuh kesabaran dan perhatian telah membimbing peneliti sampai penulisan skripsi ini terselesaikan dengan baik.
4.      Ibu Ida Lustiati, B.A selaku kepala SD N 2 Wirun yang telah memberikan ijin kepada peneliti untuk melakukan penelitian di kelas V SD N 2 Wirun.
5.      Ibu Priastuti, S.Pd selaku guru kelas V sebagai kolaborator pada saat penelitian di kelas V SD N 2 Wirun.
6.      Siswa kelas V SD N 2 Wirun yang telah bersedia sebagai subjek dalam pelaksanaan penelitian.
7.      Semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan dan penyusunan penelitian ini.
Semoga segala bantuan, dukungan dan pengorbanan yang telah diberikan kepada penulis menjadi amal yang dapat diterima dan mendapat balasan yang setimpal dari Allah Swt. Peneliti juga berharap agar skripsi ini bermanfaat bagi semua pihak.                                                                   

Yogyakarta,  Maret 2099
      Peneliti







DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN........................................................................ ii
HALAMAN PERNYATAAN........................................................................ iii
HALAMAN PENGESAHAN......................................................................... iv
HALAMAN MOTTO....................................................................................... v
HALAMAN PERSEMBAHAN..................................................................... vi
ABSTRAK....................................................................................................... vii
KATA PENGANTAR................................................................................... viii
DAFTAR ISI.................................................................................................. .. x
DAFTAR TABEL.......................................................................................... xiii
DAFTAR GAMBAR..................................................................................... xiv
DAFTAR LAMPIRAN.................................................................................. xv
BAB I   PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang  ........................................................................................... 1
B.       Identifikasi Masalah..................................................................................... 5
C.       Batasan Masalah........................................................................................... 5
D.      Rumusan Masalah........................................................................................ 5
E.       Tujuan Penelitian.......................................................................................... 5
F.        Manfaat Penelitian....................................................................................... 6
BAB II   KAJIAN PUSTAKA
A.      Kajian teori................................................................................................... 7
1.    Hakikat pengajaran bahasa Indonesia..................................................... 7
2.    Hakikat keterampilan berbicara............................................................... 7
a.    Pengertian berbicara............................................................................ 8
b.    Prinsip umum yang mendasari kegiatan berbicara.............................. 8
c.    Ragam seni berbicara ....................................................................... 10
d.   Metode penyampaian berbicara........................................................ 10
e.    Tujuan keterampilan berbicara.......................................................... 12
f.     Metode yang cocok untuk melatih keterampilan berbicara ............. 13
g.    Cara mengevaluasi keterampilan berbicara....................................... 14
3.    Hakikat metode pembelajaran............................................................... 15
a.    Pengertian metode pembelajaran...................................................... 15
b.    Macam-macam metode pembelajaran............................................... 16
c.    Metode sosiodrama........................................................................... 17
1)   Pengertian.................................................................................... 17
2)   Tujuan.......................................................................................... 20
3)    Petunjuk penggunaan.................................................................. 21
4)   Kelebihan dan kelemahan............................................................ 23    
B.       Kerangka berpikir....................................................................................... 25
C.       Hipotesis .................................................................................................... 26
D.      Definisi Operasional .................................................................................. 26
BAB III METODE PENELITIAN
A.      Setting penelitian........................................................................................ 28
B.       Jenis penelitian........................................................................................... 28
C.       Subjek dan objek penelitian....................................................................... 28
D.      Model penelitian......................................................................................... 29
E.       Metode pengumpulan data......................................................................... 32
F.        Teknik analisis data.................................................................................... 33
G.      Instrumen penelitian................................................................................... 35
H.      Indikator keberhasilan................................................................................ 35
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.      Deskripsi keadaan awal.............................................................................. 36
B.       Deskripsi penelitian dan hasil penelitian ................................................... 37
1.    Deskripsi penelitian siklus I .................................................................. 38
a.    Perencanaan ..................................................................................... 38
b.    Pelaksanaan ...................................................................................... 39
c.    Observasi ......................................................................................... 41
d.   Refleksi ............................................................................................ 45
2.    Deskripsi penelitian siklus II................................................................. 47
a.    Perencanaan ..................................................................................... 47
b.    Pelaksanaan ...................................................................................... 48
c.    Observasi ......................................................................................... 50
d.   Refleksi ............................................................................................ 52
C.       Pembahasan ............................................................................................... 53
D.      Keterbatasan Penelitian.............................................................................. 60
BAB V   KESIMPULAN DAN SARAN
A.      Kesimpulan................................................................................................. 61
B.       Saran........................................................................................................... 61
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................... 62
LAMPIRAN.................................................................................................... 64


















DAFTAR TABEL

Halaman
Tabel 1. Pedoman penilaian berbicara dengan metode sosiodrama.................. 15
Tabel 2. Nilai keterampilan berbicara keadaan awal......................................... 36
Tabel 3. Hasil penilaian keterampilan berbicara siklus I.................................... 44
Tabel 4. Hasil penilaian keterampilan berbicara siklus II.................................. 52
Tabel 5. Hasil observasi aktivitas siswa pada kegiatan belajar mengajar.......... 53
Tabel 6. Hasil penilaian keterampilan berbicara................................................ 56
Tabel 7. Nilai keterampilan berbicara pada kondisi awal, siklus I, siklus II...... 48



DAFTAR GAMBAR
                                                                                            Halaman
Gambar 1. Penelitian tindakan model spiral  Kemmis & Taggart............................. 29




























































DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                            Halaman
1.        Rencana pelaksanaan pembelajaran
I.1 Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I pertemuan I ..................... 64
I.2 Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I pertemuan II ................... 68
I.3 Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus II pertemuan I.................... 72
I.4 Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus II pertemuan II.................. 75
2.        Naskah drama
II.1 Naskah drama I................................................................................... 80
II.2 Naskah drama II................................................................................. 81
3.        Pedoman penilaian berbicara
III.1  pedoman penilaian berbicara ............................................................ 82
4.        Hasil penilaian
IV.1  Keadaan awal................................................................................... 83
IV.2  Hasil siklus I..................................................................................... 84
IV.3  Hasil siklus II.................................................................................... 85
5.        Lembar observasi guru
V.1    Pedoman observasi .......................................................................... 86
V.2    Hasil observasi I................................................................................ 87
V.3    Hasil observasi II.............................................................................. 89
V.4    Hasil observasi III............................................................................. 91
V.5    Hasil observasi IV............................................................................. 93

6.        Lembar observasi siswa
VI.1  Pedoman observasi .......................................................................... 95
VI.2  Hasil observasi I................................................................................ 96
VI.3  Hasil observasi II.............................................................................. 98
7.        Catatan lapangan
VII.1 Catatan lapangan I........................................................................... 100
VII.2 Catatan lapangan II.......................................................................... 102
VII.3 Catatan lapangan III........................................................................ 105
VII.4 Catatan lapangan IV........................................................................ 107
8.        Hasil pekerjaan siswa ................................................................................ 109
9.        Gambar Aktivitas Siswa ........................................................................... 113
10.    Surat-Surat Perijinan ................................................................................. 117


Komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah sedia mengisi dengan santun

Postingan populer dari blog ini

Macam Jenis Bisnis Online Yang Menghasilkan Uang

Cara Memainkan Game PS2 Melalui Slot USB Flashdisk

Cara membuat orgasme mengunakan jari tangan