contoh halaman depan dan sampul ( RPP rtf )
Unduh
>
DAFTAR USULAN PENETAPAN ANGKA KREDIT
-----------------------------------------------------------------------------------------
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA
KELAS V SD N 2 WIRUN
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
SKRIPSI
Diajukan kepada
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri
Yogyakarta
Untuk Memenuhi
Sebagian Persyaratan
Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

Oleh
AGUNG ADI ARYONO
AGUNG ADI ARYONO
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN PENDIDIKAN PRA SEKOLAH DAN SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
APRIL 2099
PERSETUJUAN
Skripsi yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan
Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V SD
N 2 Wirun Tahun Pelajaran 2009/2010”
ini telah disetujui oleh dosen pembimbing untuk diujikan.

Yogyakarta, 20 Maret 2010
Dosen Pembimbing
HB. Sumardi, M.Pd
NIP. 19540515 198103 1 004
PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini
saya :
Nama
|
:
|
|
NIM
|
:
|
06108248252
|
Jurusan
|
:
|
Program Pendidikan Sekolah Dasar
|
Fakultas
|
:
|
Ilmu Pendidikan
|
Lembaga
|
:
|
Universitas Negeri Yogyakarta
|
Judul Penelitian
|
:
|
Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode
Sosiodrama pada Siswa Kelas V SD N 2
Wirun Tahun Pelajaran
2009/2010
|
Dengan
ini saya menyatakan bahwa skripsi ini benar-benar karya saya sendiri. Sepanjang
pengetahuan saya tidak terdapat karya atau pendapat yang ditulis atau
diterbitkan orang lain kecuali dengan acuan/kutipan dengan tata penulisan karya
ilmiah yang berlaku.
Tanda
tangan dosen penguji dalam lembar pengesahan adalah asli, apabila terbukti
palsu maka saya bersedia untuk memperbaiki dan mengikuti yudisium satu tahun
lagi.
Yogyakarta, April 2010
Yang menyatakan,
Lestari Wijayanti
NIM. 06108248252
PENGESAHAN
Skripsi yang berjudul “Peningkatan
Keterampilan Berbicara dengan Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V SD N 2 Wirun Tahun Pelajaran 2009/2010” ini
telah dipertahankan di depan Dewan Penguji Skripsi pada tanggal 9 April
2010 dan dinyatakan telah memenuhi syarat guna memperoleh gelar Sarjana
Pendidikan.
Dewan Penguji
Nama
|
Jabatan
|
Tanda tangan
|
Tanggal
|
HB. Sumardi, M.Pd
|
Ketua Penguji
|
……………….
|
……...........
|
Murtiningsih, M.Pd
![]() |
Sekretaris Penguji
|
………………
|
……...........
|
L. Andriani, M.Hum
|
Penguji Utama
|
………………
|
……...........
|
Yogyakarta,
April 2010
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Universitas
Negeri Yogyakarta
Dekan,
Prof.
Dr. Achmad Dardiri, M. Hum
NIP. 19550205198103 1 004
MOTTO
“Nasib baik adalah
titik temu antara doa dan usaha”
(Buchari Alma)
“Orang yang paling berkuasa adalah orang yang
dapat menguasai dirinya sendiri” (anonim)
“Berusahalah untuk tidak
menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna”
(Einstein)
PERSEMBAHAN
Skripsi ini peneliti persembahkan untuk:
1.
Bapak
dan ibu tercinta, terima kasih atas doa, kasih sayang, dukungan dan perhatian
yang selama ini diberikan.
2.
Adikku tersayang, terima kasih atas dukungan dan
kasih sayangnya.
3.
Mas
Pradana yang senantiasa memberikan semangat, perhatian dan kasih sayang selama
ini.
4.
Teman-teman
yang tidak bisa peneliti sebutkan satu persatu.
5.
Almamater
tercinta.
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE SOSIODRAMA PADA SISWA
KELAS V SD N 2 WIRUN
TAHUN PELAJARAN 2099/3000
Oleh
:
AGUNG ADI ARYONO
06108248252
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD
Negeri 2 Wirun dengan metode sosiodrama.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikembangkan
oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian berlangsung dalam dua siklus yang
masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 2 Wirun. Keterampilan
yang akan ditingkatkan adalah keterampilan berbicara siswa yang meliputi aspek
pelafalan bunyi, penggunaan intonasi, pemilihan kata, penyusunan kalimat,
kelancaran dan ekspresi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi
dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan
untuk menganalisis data kuantitatif yaitu deskriptif kuantitatif dengan mencari
rerata dan persentase. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan untuk
menganalisis data kualitatif yaitu dengan model alur (reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan). Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi
peyidik. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan nilai
rata-rata kelas keterampilan berbicara dari pra tindakan, siklus I dan siklus
II serta apabila 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar
telah mencapai taraf keberhasilan minimal yaitu 70.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan
berbicara siswa dengan metode sosiodrama. Peningkatan itu dapat dilihat pada rata-rata hasil penilaian
dari keadaan awal 63,57 meningkat pada siklus I yaitu 70,43 kemudian meningkat
lagi pada siklus II menjadi 75,57. Selain itu juga adanya peningkatan persentase
jumlah siswa yang tuntas KKM dari pra tindakan 23,82% meningkat menjadi 62% pada
siklus I kemudian mencapai indikator keberhasilan pada siklus II yaitu 81%.
Kata kunci: keterampilan berbicara,
sosiodrama, SD N 2 Wirun
KATA PENGANTAR
Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah Swt atas segala limpahan
rahmat dan hidayah-Nya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan tugas akhir
skripsi yang berjudul “Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode
Sosiodrama pada Siswa Kelas V SD N 2
Wirun Tahun Pelajaran 2009/2010”.
Penyusunan skripsi ini tidak akan terselesaikan dengan baik tanpa bantuan
dari semua pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima
kasih yang setulus-tulusnya kepada yang terhormat:
1.
Bapak Prof. Dr. Achmad Dardiri, M.Hum selaku Dekan Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
2.
Bapak A.M Yusuf, M.Pd selaku Ketua Jurusan Pendidikan
Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta.
3.
Bapak HB. Sumardi, M.Pd selaku pembimbing yang dengan
penuh kesabaran dan perhatian telah membimbing peneliti sampai penulisan
skripsi ini terselesaikan dengan baik.
4.
Ibu Ida Lustiati, B.A selaku kepala SD N 2 Wirun yang
telah memberikan ijin kepada peneliti untuk melakukan penelitian di kelas V SD
N 2 Wirun.
5.
Ibu Priastuti, S.Pd selaku guru kelas V sebagai
kolaborator pada saat penelitian di kelas V SD N 2 Wirun.
6.
Siswa kelas V SD N 2 Wirun yang telah bersedia sebagai
subjek dalam pelaksanaan penelitian.
7.
Semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan dan
penyusunan penelitian ini.
Semoga segala bantuan,
dukungan dan pengorbanan yang telah diberikan kepada penulis menjadi amal yang
dapat diterima dan mendapat balasan yang setimpal dari Allah Swt. Peneliti juga
berharap agar skripsi ini bermanfaat bagi semua pihak.
Yogyakarta, Maret 2099
Peneliti
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN........................................................................ ii
HALAMAN PERNYATAAN........................................................................ iii
HALAMAN PENGESAHAN......................................................................... iv
HALAMAN MOTTO....................................................................................... v
HALAMAN PERSEMBAHAN..................................................................... vi
ABSTRAK....................................................................................................... vii
KATA PENGANTAR...................................................................................
viii
DAFTAR ISI.................................................................................................. .. x
DAFTAR TABEL..........................................................................................
xiii
DAFTAR GAMBAR..................................................................................... xiv
DAFTAR LAMPIRAN.................................................................................. xv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ........................................................................................... 1
B.
Identifikasi
Masalah..................................................................................... 5
C.
Batasan Masalah........................................................................................... 5
D.
Rumusan Masalah........................................................................................ 5
E.
Tujuan Penelitian.......................................................................................... 5
F.
Manfaat Penelitian....................................................................................... 6
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A.
Kajian teori................................................................................................... 7
1.
Hakikat pengajaran bahasa Indonesia..................................................... 7
2.
Hakikat keterampilan berbicara............................................................... 7
a.
Pengertian berbicara............................................................................ 8
b.
Prinsip umum yang mendasari kegiatan berbicara.............................. 8
c.
Ragam seni berbicara ....................................................................... 10
d.
Metode penyampaian berbicara........................................................ 10
e.
Tujuan keterampilan berbicara.......................................................... 12
f.
Metode yang cocok untuk melatih keterampilan berbicara ............. 13
g.
Cara mengevaluasi keterampilan berbicara....................................... 14
3.
Hakikat metode pembelajaran............................................................... 15
a.
Pengertian metode pembelajaran...................................................... 15
b.
Macam-macam metode pembelajaran............................................... 16
c.
Metode sosiodrama........................................................................... 17
1)
Pengertian.................................................................................... 17
2)
Tujuan.......................................................................................... 20
3)
Petunjuk
penggunaan.................................................................. 21
4)
Kelebihan dan kelemahan............................................................ 23
B.
Kerangka berpikir....................................................................................... 25
C.
Hipotesis .................................................................................................... 26
D.
Definisi Operasional .................................................................................. 26
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Setting penelitian........................................................................................ 28
B.
Jenis penelitian........................................................................................... 28
C.
Subjek dan objek penelitian....................................................................... 28
D.
Model penelitian......................................................................................... 29
E.
Metode pengumpulan data......................................................................... 32
F.
Teknik analisis data.................................................................................... 33
G.
Instrumen penelitian................................................................................... 35
H.
Indikator keberhasilan................................................................................ 35
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
A.
Deskripsi keadaan awal.............................................................................. 36
B.
Deskripsi penelitian dan hasil penelitian ................................................... 37
1.
Deskripsi penelitian siklus I .................................................................. 38
a.
Perencanaan ..................................................................................... 38
b.
Pelaksanaan ...................................................................................... 39
c.
Observasi ......................................................................................... 41
d.
Refleksi ............................................................................................ 45
2.
Deskripsi penelitian siklus II................................................................. 47
a.
Perencanaan ..................................................................................... 47
b.
Pelaksanaan ...................................................................................... 48
c.
Observasi ......................................................................................... 50
d.
Refleksi ............................................................................................ 52
C.
Pembahasan ............................................................................................... 53
D.
Keterbatasan Penelitian.............................................................................. 60
BAB
V KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan................................................................................................. 61
B.
Saran........................................................................................................... 61
DAFTAR
PUSTAKA..................................................................................... 62
LAMPIRAN.................................................................................................... 64
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel
1. Pedoman penilaian berbicara dengan metode sosiodrama.................. 15
Tabel
2. Nilai keterampilan berbicara keadaan awal......................................... 36
Tabel
3. Hasil penilaian keterampilan berbicara siklus I.................................... 44
Tabel
4. Hasil penilaian keterampilan berbicara siklus II.................................. 52
Tabel
5. Hasil observasi aktivitas siswa pada kegiatan belajar mengajar.......... 53
Tabel
6. Hasil penilaian keterampilan berbicara................................................ 56
Tabel
7. Nilai keterampilan berbicara pada kondisi awal, siklus I, siklus II...... 48
DAFTAR
GAMBAR
Halaman
Gambar 1. Penelitian tindakan model spiral Kemmis & Taggart............................. 29
|
DAFTAR
LAMPIRAN
LAMPIRAN Halaman
1.
Rencana pelaksanaan pembelajaran
I.1 Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I
pertemuan I ..................... 64
I.2 Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I pertemuan
II ................... 68
I.3
Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus II pertemuan I.................... 72
I.4
Rencana pelaksanaan pembelajaran siklus II pertemuan II.................. 75
2.
Naskah drama
II.1 Naskah drama I................................................................................... 80
II.2
Naskah drama II.................................................................................
81
3.
Pedoman penilaian berbicara
III.1 pedoman penilaian berbicara ............................................................ 82
4.
Hasil penilaian
IV.1 Keadaan awal................................................................................... 83
IV.2 Hasil siklus I..................................................................................... 84
IV.3 Hasil siklus II.................................................................................... 85
5.
Lembar observasi guru
V.1 Pedoman observasi .......................................................................... 86
V.2 Hasil observasi I................................................................................ 87
V.3 Hasil observasi II.............................................................................. 89
V.4 Hasil observasi III............................................................................. 91
V.5 Hasil observasi IV............................................................................. 93
6.
Lembar observasi siswa
VI.1 Pedoman observasi .......................................................................... 95
VI.2 Hasil observasi I................................................................................ 96
VI.3 Hasil observasi II.............................................................................. 98
7.
Catatan lapangan
VII.1 Catatan lapangan I........................................................................... 100
VII.2 Catatan lapangan II.......................................................................... 102
VII.3 Catatan lapangan III........................................................................ 105
VII.4 Catatan lapangan IV........................................................................ 107
8.
Hasil pekerjaan siswa ................................................................................ 109
9.
Gambar Aktivitas Siswa ........................................................................... 113
10.
Surat-Surat Perijinan ................................................................................. 117
downloadnya pak,, terima kasih sebelumnya
BalasHapus