Catatan lapangan lampiran VII ( RPP rtf )
Unduh
>
DAFTAR USULAN PENETAPAN ANGKA KREDIT
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Lampiran VII. 1
CATATAN LAPANGAN 1
Siklus/Pertemuan : I /ke- 1
Hari/Tanggal : Kamis / 4 Februari 2010
Waktu : Pukul 07.00 – 08.10 WIB
Pertemuan
I dilaksanakan hari Kamis tanggal 4 Februari 2010 dengan alokasi waktu 70
menit. Kegiatan awal dimulai dengan siswa dan guru mengucapkan salam dan berdoa
bersama. Setelah itu, guru melakukan presensi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran yaitu mempelajari hal-hal yang harus diperhatikan saat bermain
drama. Siswa terlihat antusias ketika guru melakukan apersepsi dengan bertanya
pada siswa “Siapa yang sering melihat sinetron di televisi?”. Semua siswa
menjawab serentak dengan jawaban yang sama yaitu sudah pernah.
Guru
terlihat senang karena siswa bersemangat dalam memulai pembelajaran.
Selanjutnya, siswa menyimak penjelasan guru mengenai hal-hal yang harus
diperhatikan saat bermain drama. Setelah selesai menjelaskan, guru
mengelompokkan siswa menjadi 7 kelompok. Tiap kelompok diberi naskah drama yang
sama kemudian guru memberikan contoh cara memerankah tokoh drama dalam naskah
tersebut. Ada beberapa kelompok yang terlihat tidak memperhatikan penjelasan
guru tetapi langsung mencoba membaca naskah tersebut dengan kelompokknya.
Saat
jarum jam menunjukkan pukul 08.00 guru segera mengakhiri kegiatan inti pada
hari itu kemudian menyuruh siswa untuk kembali ke tempat duduknya masing-masing
dan segera membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Lampiran VII. 2
CATATAN LAPANGAN II
Siklus/Pertemuan : I /ke-2
Hari/Tanggal : Kamis / 5 Februari 2010
Waktu : Pukul 07.00 – 08.45 WIB
Pertemuan II dilaksanakan pada hari Jumat 5 Februari
2010 dengan alokasi waktu 105 menit. Kegiatan awal dimulai dengan siswa dan
guru mengucapkan salam kemudian berdoa bersama. Tidak lupa, guru mempresensi
siswa agar mengetahui kondisi siswa pagi itu. Selanjutnya, guru bertanya pada
siswa mengenai materi yang telah dibahas kemarin agar siswa mengingatnya
kembali.
Setelah melakukan apersepsi, guru membagi topi nomor
urut siswa lalu mengelompokkan siswa seperti kelompok yang kemarin dan
membagikan naskah drama kepada masing-masing kelompok. Siswa terlihat bingung
karena naskah drama yang mereka terima lebih singkat daripada yang kemarin.
Melihat raut wajah siswa yang kebingungan, guru segera menjelaskan kepada siswa
kalau naskah drama itu belum selesai. Jadi tugas siswa dalam kelompok adalah
berdiskusi untuk melanjutkan naskah drama tersebut. Dengan melanjutkan naskah
drama tersebut, siswa telah mencoba untuk memecahkan masalah sosial yang ada.
Setelah 40 menit siswa berdiskusi untuk memecahkan
masalah, perwakilan dari masing-masing kelompok mengambil nomor undian untuk
maju. Yang mendapat giliran maju untuk pertama kalinya adalah kelompok 5. Setelah kelompok 5 maju, kelompok yang
lain memberikan tanggapan. Kelompok yang lain masih terlihat malu untuk
memberikan tanggapan. Hanya dua orang siswa saja yang berani untuk memberikan
tanggapan. Setelah kelompok 5 selesai, selanjutnya adalah kelompok 3. Yang
memberi tanggapan untuk kelompok 3 masih dua anak yang memberikan tanggapan
untuk kelompok 5 tadi. Giliran yang maju ketiga adalah kelompok 1. Saat
kelompok 1 maju, siswa yang lain sudah
terlihat ingin memberikan tanggapan. Ada lima anak yang tunjuk jari untuk
memberikan tanggapan kepada kelompok 1. Mereka sudah terlihat lebih berani
untuk mengemukakan pendapatnya walaupun dengan kata-kata yang pendek.
Selanjutnya adalah giliran kelompok 4. Kelompok 4 mensosiodramakan dengan
menarik sehingga membuat suasana kelas agak ramai karena siswa bersorak dan
tertawa melihat kelompok 4 tampil. Guru berusaha menghentikan tawa mereka dan
segera mengkondisikan agar lebih fokus dan tidak tertawa keras-keras. Setelah
kelompok 4 selesai, terlihat ada 7 anak yang tunjuk jari. Kebanyakan dari
mereka memberikan tanggapan bahwa kelompok 4 sangat bagus karena mereka membuat
penonton tertawa. Giliran ke lima yaitu kelompok 2. Kelompok 2 adalah kelompok
yang terlihat pendiam. Belum ada anggota dari kelompok 2 yang berani memberikan
pendapat saat kelompok lain selesai tampil. Hal itu karena anggota kelompok 2
memang pendiam. Setelah kelompok 2 tampil, guru memberikan kesempatan siswa
untuk memberikan tanggapan. Ada delapan siswa yang memberikan tanggapan untuk
kelompok 2. Selanjutnya yaitu giliran kelompok 7 yang tampil. Sebelum kelompok
7 tampil, ada seorang siswa yang membuat gaduh suasana kelas. Ia menganggu
teman yang ada di depannya sehingga teman yang ada di depannya itu menjerit.
Guru menyadari bahwa siswa sudah terlihat bosan sehingga mereka melakukan
kegiatan semaunya sendiri. Akan tetapi guru segera mengkondisikan siswa agar
siswa kembali menyaksikan kelompok 7 yang akan segera tampil. Setelah kelompok
7 tampil, ada 9 siswa yang memberikan komentar. Selanjutnya yaitu kelompok
terakhir yaitu kelompok 6. Siswa sudah terlihat tidak konsentrasi karena
sebentar lagi bel istirahat berbunyi sehingga ada dari mereka yang sudah
berkemas-kemas memasukkan peralatan belajarnya. Oleh karena itu, hanya ada 4
siswa saja yang memberikan tanggapan.
Lampiran VII. 3
CATATAN LAPANGAN III
Siklus/Pertemuan : II /ke-1
Hari/Tanggal : Kamis / 11 Februari 2010
Waktu : Pukul 07.00 – 08.10 WIB
Kegiatan
awal dimulai dengan siswa dan guru
mengucapkan salam kemudian berdoa bersama. Selanjutnya yaitu guru melakukan
presensi, untuk hari Kamis ini siswa kelas V tidak ada yang ijin ataupun sakit.
Di awal kegiatan pembelajaran, guru tidak lupa menyampaikan tujuan pembelajaran
karena kalau tujuan pembelajaran lupa disampaikan akan menyebabkan siswa
kebingungan saat kegiatan belajar mengajar nanti. Setelah itu, guru melakukan
apersepsi dengan bertanya kepada siswa “Siapa yang pernah mempunyai masalah
dengan teman?Bagaimana penyelesaiannya?”.
Kegiatan
inti dimulai dengan siswa menerima naskah yang dibagikan guru. Kali ini, naskah
diberikan di awal sebelum pembentukan kelompok agar siswa tidak mendahului bagi
peran seperti pada siklus I. Selanjutnya siswa terlihat lebih tenang dan
konsentrasi menyimak saat guru menjelaskan dan memberi contoh cara memerankan
tokoh. Dalam hal ini, guru menjelaskan lebih banyak karena naskah yang
disajikan ada tiga buah. Setelah selesai menjelaskan, guru mengelompokkan siswa
menjadi tujuh kelompok kemudian tiap kelompok berlatih untuk membaca dan
memerankan sosiodrama tersebut. Guru berkeliling mengamati siswa yang sedang
berlatih agar mengetahui bagaimana aktivitas siswa.
Saat
semua siswa sudah terlihat selesai berlatih, guru segera menutup pelajaran hari
itu karena jarum jam juga sudah menunjukkan pukul 8.00. Guru membimbing siswa
untuk menyimpulkan apa yang telah mereka pelajari hari itu kemudian menyuruh
siswa untuk berlatih di rumah agar semakin lancar.
Lampiran VII. 3
CATATAN LAPANGAN IV
Siklus/Pertemuan : II /ke-1
Hari/Tanggal : Jumat / 12 Februari 2010
Waktu : Pukul 07.00 – 08.45 WIB
Pertemuan
II siklus II dilaksanakan tanggal 12 Februari 2010 pada pukul 08.00-08.45. Kegiatan
awal dimulai dengan siswa dan guru mengucapkan salam kemudian berdoa bersama.
Pada hari itu semua siswa masuk kelas sehingga memudahkan peneliti untuk
memperoleh data. Setelah melakukan presensi, guru tidak lupa menyampaikan
tujuan pembelajaran pada hari itu. Siswa masih terlihat bersemangat saat guru
mengatakan bahwa akan melakukan sosiodrama lagi. Guru dan peneliti merasa
senang karena masih mendapat respon yang positif dari siswa.
Kegiatan
inti dimulai dengan mengelompokkan siswa seperti pada pertemuan I siklus II.
Kelompok 1, 2 dan 3 memperoleh naskah A, kelompok 3, 4, 5 memperoleh naskah B,
kelompok 6,7 memperoleh naskah C. Guru menjelaskan apa yang harus dilakukan
oleh masing-masing kelompok. Mereka harus membaca naskah itu kemudian
melanjutkan percakapan dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah pada
sosiodrama tersebut. Masalah yang diambil adalah masalah yang dekat dengan
keseharian anak agar anak lebih mudah untuk mendramatisasikan atau menghayati.
Setelah selesai berlatih, guru memberi kesempatan kelompok yang mau maju
terlebih dahulu. Hanya ada satu kelompok yang tunjuk jari kemudian guru
mempersilahkan kelompok tersebut untuk maju. Guru memberikan pujian kepada
kelompok tersebut agar kelompok yang lain juga bersemangat dan merasa percaya
diri untuk mau maju dengan kesadaran sendiri tanda ditunju. Setelah kelompok 1
selesai, guru menyuruh siswa untuk memberikan komentar. Terlihat banyak siswa
yang tunjuk jari daripada saat siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah
semakin berani untuk mengemukakan pendapatnya. Setelah kelompok 1 selesai,
kelompok 2 tunjuk jari kemudian selanjutnya kelompok 3, 4, 5, 6 dan 7. Siswa
terlihat lebih aktif memberikan tanggapan. Hal ini terbukti dari data hasil
observasi yaitu tanggapan untuk kelompok 2 adalah 12 siswa, tanggapan untuk
kelompok 3adalah12 siswa, tanggapan untuk kelompok 4adalah11 siswa, tanggapan
untuk kelompok 5adalah14 siswa, dan tanggapan untuk kelompok 6 adalah14 siswa.
Siswa tiak terlihat bosan karena mereka menyaksikan 3 macam sosiodrama yang
berbeda, tidak seperti pada siklus I.
Tepat
pada pukul 08.25 semua kelompok sudah menyelesaikan tugasnya dengan baik. Guru
memberikan masukan atas penampilan mereka. Siswa masih terlihat senang walaupun
hari sudah semakin siang. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tidak bosan dengan
pembelajaran hari itu.
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih telah sedia mengisi dengan santun