Caput Succedaneum Dan Cephalhematoma

CAPUT SUCCEDANEUM DAN CEPHAL HEMATOM

2.1  Caput Succedaneum

2.1.1        Pengertian

Caput succedaneum adalah edema kulit kepala anak yang terjadi karena tekanan dari jalan lahir kepada kepala anak. Atau pembengkakan difus, kadang-kadang bersifat ekimotik atau edematosa, pada jaringan lunak kulit kepala, yang mengenai bagian kepala terbawah, yang terjadi pada kelahiran verteks. Karena tekanan ini vena tertutup, tekanan dalam vena kapiler meninggi hingga cairan masuk ke dalam jaringan longgar dibawah lingkaran tekanan dan pada tempat yang terendah. Dan merupakan benjolan yang difus kepala, dan melampaui sutura garis tengah. (Obstetri fisiologi, UNPAD.1985)


Caput succedaneum ini ditemukan biasanya pada presentasi kepala, sesuai dengan posisi bagian yang bersangkutan. Pada bagian tersebut terjadi oedema sebagai akibat pengeluaran serum dari pembuluh darah. Caput succedaneum tidak memerlukan pengobatan khusus dan biasanya menghilang setelah 2-5 hari.(Sarwono Prawiroharjo.2002)

Kejadian caput succedaneum pada bayi sendiri adalah benjolan pada kepala bayi akibat tekanan uterus atau dinding vagina dan juga pada persalinan dengan tindakan vakum ekstraksi.(Sarwono Prawiroharjo.2002)

Caput succedaneum adalah edema di kulit kepala pada bagian presentasi kepala. Dapat mengenai area kepala secara luas, atau hanya sebesar telur itik, pembengkakan dapat mencapai garis sutura dan edema ini secara bertahap diabsorpsi dan menghilang dlam 3 hari.(Adele Pilliteri.2002)

2.1.2        Etiologi

Banyak hal yang menjadi penyebab terjadinya caput succedaneum pada bayi baru lahir(Obstetri fisiologi,UNPAD, 1985, hal 254), yaitu :

Persalinan lama
Dapat menyebabkan caput succedaneum karena terjadi tekanan pada jalan lahir yang terlalu lama, menyebabkan pembuluh darah vena tertutup, tekanan dalam vena kapiler meninggi hingga cairan masuk kedalam cairan longgar dibawah lingkaran tekanan dan pada tempat yang terendah.

Persalinan dengan ekstraksi vakum
Pada bayi yang dilahirkan vakum yang cukup berat, sering terlihat adanya caput vakum sebagai edema sirkulasi berbatas dengan sebesar alat penyedot vakum yang digunakan.

2.1.3        Patofisiologi

Kelainan ini timbul karena tekanan yang keras pada kepala ketika memasuki jalan lahir sehingga terjadi bendungan sirkulasi kapiler dan limfe disertai pengeluaran cairan tubuh ke jaringan ekstra vaskuler. Benjolan caput ini berisi cairan serum dan sering bercampur dengan sedikit darah. Benjolan dapat terjadi sebagai akibat bertumpang tindihnya tulang kepala di daerah sutura pada suatu proses kelahiran sebagai salah satu upaya bayi untuk mengecilkan lingkaran kepalanya agar dapat melalui jalan lahir. Umumnya moulage ini ditemukan pada sutura sagitalis dan terlihat segera setelah bayi lahir. Moulage ini umumnya jelas terlihat pada bayi premature dan akan hilang sendiri dalam satu sampai dua hari.

Menurut Sarwono Prawiraharjo dalam Ilmu Kebidanan 2002, proses perjalanan penyakit caput succedaneum adalah sebagi berikut :

Pembengkakan yang terjadi pada kasus caput succadeneum merupakan pembengkakan difus jaringan otak, yang dapat melampaui sutura garis tengah.
Adanya edema dikepala terjadi akibat pembendungan sirkulasi kapiler dan limfe disertai pengeluaran cairan tubuh. Benjolan biasanya ditemukan didaerah presentasi lahir dan terletak periosteum hingga dapat melampaui sutura.
2.1.4        Manifestasi Klinis

Menurut Nelson dalam Ilmu Kesehatan Anak (Richard E, Behrman.dkk.2000), tanda dan gejala yang dapat ditemui pada anak dengan caput succedaneum adalah sebagi berikut :

Adanya edema dikepala
Pada perabaan teraba lembut dan lunak
Edema melampaui sela-sela tengkorak
Batas yang tidak jelas
Biasanya menghilang 2-3 hari tanpa pengobatan
2.1.5        Pemeriksaan Diagnostik

Sebenarnya dalam pemeriksaan caput succedaneum tidak perlu dilakukan pemeriksaan diagnostik lebih lanjut melihat caput succedaneum sangat mudah untuk dikenali. Namun juga sangat perlu untuk melakukan diagnosa banding dengan menggunakan foto rontgen (X-Ray) terkait dengan penyerta caput succedaneum yaitu fraktur tengkorak, koagulopati dan perdarahan intrakranial. (Meida.2009)

2.1.6        Penatalaksanaan

Menurut Nelson dalam Ilmu Kesehatan Anak (Richard E, Behrman.dkk.2000), Pembengkakan pada caput succedaneum dapat meluas menyeberangi garis tengah atau garis sutura. Dan edema akan menghilang sendiri dalam beberapa hari. Pembengkakan dan perubahan warna yang analog dan distorsi wajah dapat terlihat pada kelahiran dengan presentasi wajah. Dan tidak diperlukan pengobatan yang spesifik, tetapi bila terdapat ekimosis yang ektensif mungkin ada indikasi melakukan fisioterapi dini untuk hiperbilirubinemia.

Moulase kepala dan tulang parietal yang tumpang tindih sering berhubungan dengan adanya caput succedaneum dan semakin menjadi nyata setelah caput mulai mereda, kadang-kadang caput hemoragik dapat mengakibatkan syok dan diperlukan transfusi darah.

Berikut adalah penatalaksanaan secara umum yang bisa diberikan pada anak dengan caput succedaneum :

Bayi dengan caput succedaneum diberi ASI langsung dari ibu tanpa makanan tambahan apapun, maka dari itu perlu diperhatikan penatalaksanaan pemberian ASI yang adekuat dan teratur.
Bayi jangan sering diangkat karena dapat memperluas daerah edema kepala.
Atur posisi tidur bayi tanpa menggunakan bantal
Mencegah terjadinya infeksi dengan :
1)   Perawatan tali pusat

2)   Personal hygiene baik

Berikan penyuluhan pada orang tua tentang :
1)   Perawatan bayi sehari-hari, bayi dirawat seperti perawatan bayi normal.

2)   Keadaan trauma pada bayi , agar tidak usah khawatir karena benjolan akan menghilang 2-3 hari.

Berikan lingkungan yang nyaman dan hangat pada bayi.
Awasi keadaan umum bayi.
2.2  Cephal Hematom

2.2.1        Pengertian

Cephal hematom adalah perdarahan subperiosteal akibat kerusakan jaringan poriesteum karena tarikan atau tekanan jalan lahir. Dan tidak pernah melampaui batas sutura garis tengah. Tulang tengkorak yang sering terkena adalah tulang temporal atau parietal ditemukan pada 0,5 – 2 % dari kelahiran hidup. (Prawiraharjo,Sarwono. 2002. Ilmu Kebidanan)

Menurut Abdul Bari Saifudin, cephal hematoma adalah pendarahan sub periosteum akibat keruasakan jaringan periosteum karena tarikan/tekanan jalan lahir dan tidak pernah melampaui batas sutura garis tengah.(Ika Nugroho.2011)

Gambar 2. Cephal hematom



2.2.2        Klasifikasi

Menurut letak jaringan yang terkena ada 2 jenis yaitu(Ika Nugroho.2011) :

Subgaleal
Galea merupakan lapiasan aponeurotik yang melekat secara longgar pada sisi sebelah dalan periosteum. Pembuluh-pembuluh darah vena di daerah ini dapat tercabik sehingga mengakibatkan hematoma yang berisi sampai sebanyak 250 ml darah. Terjadi anemia dan bisa menjadi shock. Hematoma tidak terbatas pada suatu daerah tertentu (Oxorn, Harry, 1996).

Penyebabnya adalah perdarahan yang letaknya antara aponeurosis epikranial dan periosteum. Dapat terjadi setelah tindakan ekstraksi vakum. Jarang terjadi karena komplikasi tindakan mengambil darah janin untuk pemeriksaan selama persalinan, risiko terjadinya terutama pada bayi dengan gangguan hemostasis darah.

Sedangkan untuk kadang-kadang  sukar didiagnosis, karena terdapat edema menyeluruh pada kulit kepala. Perdarahan biasanya lebih berat dibandingkan dengan perdarahan subperiosteal, bahaya ikterus lebih besar.

Subperiosteal
Karena periosteum melekat pada tulang tengkorak di garis-garis sutura, maka hematoma terbatas pada daerah yang dibatasi oleh sutura-sutura tersebut. Jumlah darah pada tipe subperiosteal ini lebih sedikit dibandingkan pada tipe subgaleal, fraktur tengkorak bisa menyertai.

Gambaran Klinis : kulit kepala membengkak. Biasanya tidak terdeteksi samapai hari ke 2 atau ke 3. Dapat lebih dari 1 tempat. Perdarahan dibatasi oleh garis sutura, biasanya di daerah parietal.

Perjalanan Klinis dan Diagnosis : Pinggirnya biasanya mengalami klasifikasi. Bagian tengah tetap lunak dan sedikit darah akan diserap oleh tubuh. Mirip fraktur depresi pada tengkorak. Kadang-kadang menyebabkan ikterus neonatorum.

2.2.3        Etiologi

Menurut Sarwono Prawiraharjo dalam Ilmu Kebidanan 2002, cephal hematom dapat terjadi karena :

Persalinan lama
Persalinan yang lama dan sukar, dapat menyebabkan adanya tekanan tulang pelvis ibu terhadap tulang kepala bayi, yang menyebabkan robeknya pembuluh darah.

Tarikan vakum atau cunam
Persalinan yang dibantu dengan vacum atau cunam yang kuat dapat menyebabakan penumpukan darah akibat robeknya pembuluh darah yang melintasi tulang kepala ke jaringan periosteum.

Kelahiran sungsang yang mengalami kesukaran melahirkan kepala bayi.
2.2.4        Patofisiologi

Kadang-kadang, cephal hematom terjadi ketika pembuluh darah pecah selama persalinan atau kelahiran yang menyebabkan perdarahan ke dalam daerah antara tulang dan periosteum. Cedera ini terjadi paling sering pada wanita primipara dan sering berhubungan dengan persalinan dengan forsep dan ekstraksi vacum. Tidak seperti kapu suksedaneum, cephal hematoma berbatas tegas dan tidak melebar sampai batas tulang. Cephal hematom dapat melibatkan salah satu atau kedua tulang parietal. Tulang oksipetal lebih jarang terlibat, dan tulang frontal sangat jarang terkena. Pembengkakan biasanya minimal atau tidak ada saat kelahiran dan bertambah ukuranya pada hari kedua atau ketiga. Kehilangan darah biasanya tidak bermakna.(Wong,2008)

Menurut FK. UNPAD. 1985 dalam Obstetri Fisiologi Bandung, peroses perjalanan penyakit cephal hematom adalah :

Cephal hematom terjadi akibat robeknya pembuluh darah yang melintasi tulang kepala ke jaringan poriosteum. Robeknya pembuluh darah ini dapat terjadi pada persalinan lama. Akibat pembuluh darah ini timbul timbunan darah di daerah sub periosteal yang dari luar terlihat benjolan.
Bagian kepala yang hematoma bisanya berwarna merah akibat adanya penumpukan daerah yang perdarahan subperiosteum.
2.2.5        Manifestasi Klinis

Berikut ini adalah tanda-tanda dan gejala Cephal hematom.(Menurut Prawiraharjo, Sarwono.2002.Ilmu Kebidanan):

Adanya fluktuasi
Adanya benjolan, biasanya baru tampak jelas setelah 2 jam setelah bayi lahir .
Adanya cephal hematom timbul di daerah tulang parietal. Berupa benjolan timbunan kalsium dan sisa jaringan fibrosa yang masih teraba. Sebagian benjolan keras sampai umur 1-2 tahun.
2.2.6        Pemeriksaan Diagnostik

Pemeriksaan X-Ray tengkorak dilakukan bila dicurigai adanya fraktur (mendekati hampir 5% dari seluruh cephal hematom). Dan pemeriksaan darah lengkap untuk menilai kadar bilirubin, hematokrit, dan hemoglobin.(Alpers, ann.2006)

2.2.7        Penatalaksanaan

Tidak diperlukan penanganan untuk cephal hematom tanpa komplikasi. kebanyakan  lesi diabsorbsi dalam 2 minggu sampai 3 bulan. Lesi yang menyebabkan kehilangan darah hebat ke daerah tersebut atau yang melibatkan fraktur tulang di bawahnya perlu evaluasi  lebih lanjut. Hiperbilirubinemia dapat tejadi selama resolusi hematoma ini. Infeksi lokal dapat terjadi dan harus dicurigai bila terjadi pembengkakan mendadak yang bertambah besar.(Wong.2008)

Menurut Ida Bagus Gde Manuaba 1998, cephal hematoma umumnya tidak memerlukan perawatan khusus. Biasanya akan mengalami resolusi khusus sendiri dalam 2-8 minggu tergantung dari besar kecilnya benjolan. Namun apabila dicurigai adanya fraktur, kelainan ini akan agak lama menghilang (1-3 bulan) dibutuhkan penatalaksanaan khusus antara lain :

Menjaga kebersihan luka.
Tidak boleh melakukan massase luka/benjolan cephal hematoma.
Pemberian vitamin K.
Bayi dengan cephal hematoma tidak boleh langsung disusui oleh ibunya karena pergerakan dapat mengganggu pembuluh darah yang mulai pulih.
Pemantauan bilirubinia, hematokrit, dan hemoglobin.
Aspirasi darah dengan jarum suntik tidak diperlukan.
2.3  Konsep Asuhan Keperawatan

Mengingat konsep dan perjalanan penyakit yag terjadi pada caput succedaneum dan cephal hematom adalah hampir sama, maka konsep asuhan keperawatan yang dapat diberikan juga hampir sama pula. Akan tetapi tetap dalam koridor penyakit perdarahan ekstrakranial.

2.3.1        Pengkajian

Subjektif
1)        Identitas

Terjadi pada bayi baru lahir terutama nampak jelas segera (Caput Succedaneum) dan pada beberapa jam atau hari setelah lahir(Cephal Hematom).

2)        Keluhan

Benjolan di kepala bayi segera dan beberapa jam setelah lahir.

Objektif
1)        Benjolan di kepala bayi, biasanya pada daerah tulang parietal, oksipital.

2)        Berkembang secara bertahap segera setelah persalinan.(Caput Succedaneum)

3)        Berkembang secara bertahap dalam waktu 12-72 jam.(Cephal Hematom)

4)        Pembengkakan kepala berbentuk benjolan difus.

5)        Tidak berbatas tegas, melampaui batas sutura. (Caput Succedaneum)

6)        Berbatas tegas, tidak melampaui batas sutura. (Cephal Hematom)

7)        Perabaan, mula-mula keras lama kelamaan lunak.

8)        Pada daerah pembengkakan terdapat pitting odema.

9)        Sifat timbulnya perlahan, benjolan tampak jelas setelah 6-8 jam setelah lahir.

10)    Bersifat soliter / multiple.

11)    Anemi, hiperbilirubin bila gangguan meluas.

12)    Jarang menimbulkan perdarahan yang memerlukan transfusi, kecuali bayi yang mempunyai gangguan pembekuan.

c.     Pemeriksaan radiologi : dilakukan bila ada indikasi gangguan nafas, benjolan terlalu besar.
Pemeriksaan Laboratorium untuk menilai kadar hematokrit, hemoglobin, bilirubin, dan faktor pembekuan.
2.3.2        Diagnosa Keperawatan

a.    Gangguan rasa nyaman berhubungan dengan trauma jaringan perinatal.
b.   Ansietas (anak dengan orang tua) berhubungan dengan ketidak tahuan status kesehatan anak.
c.    Resiko infeksi berhubungan dengan adanya indurasi.
2.3.3        Rencana Keperawatan

No.

Dx. Keperawatan

Tujuan & KH

Intervensi

Rasional

1.

Gangguan rasa nyaman berhubungan dengan trauma jaringan perinatal.
 Tujuan:

Anak akan menunjukkan berkurangnya rasa ketidaknyamanan.

KH :

Anak tidak rewel.
Anak tidak terus menangis.
Anak memperhatikan tanda – tanda vital dalam batas normal.


Kaji ekspresi anak (diam, rewel, menangis terus-menerus,dll)
Kurangi jumlah cahaya lampu, kebisingan, dan berbagai stimulus lingkunagn lainya dalam anak.
Kaji tanda – tanda vital, catat peningkatan frekuensi nadi, peningkatan atau penurunan nafas, dan diforesis.
Kolaborasi : Berikan analgesik sesuai kebutuhan untuk nyeri.
Memberikan data dasar untuk menentukan dan mengevaluasi intervensi yang diberikan.
Stimulus demikian dapat mengganggu anak yang mengalami cedera. Karena dapat meningkatkan tekanan intrkranial.
Peningkatan frekuensi nadi, peningkatan atau penurunan frekuensi pernapasan, atau diforesis menunjukkan ketidaknyamanan.
Mengurangi nyeri dan spasme otot
2.

Ansietas (anak dengan orang tua) berhubungan dengan ketidaktahuan status kesehatan anak.





Tujuan:

Anak dan Orang tua akan menunjukkan kecemasan berkurang.

KH :

Menunjukkan pengurangan rasa agitasi
Mengajukan pertanyaan yang tepat sehubungan dengan penyakit dan penangananya.


Jelaskan pada anak dan orang tua tentang tujuan semua tindakan keperawatan yang dilakukan dan bagaimana tindakan dilakukan
Ijinkan orang tua tetap menemani anak, bergantung pada keadaan anak.
Berikan informasi akurat, konsisten mengenai prognosis.


Dengan menegetahui apa yang akan dilakukan sebelum melaksanakan prosedur dan mengapa prosedur tersebut dilakukan membantu mengurangui kecemasan.
Dengan mengijinkan orang tua untuk menemani anak memberi dukungan emosional pada anak dan mengurangi kecemasan pada anak. Kecemasan orang tua akan berkurang dengan mengijinkan mereka memantau dan berpartisipasi dalam perawatan anak.
Dapat menurunkan ansietas dan memungkinkan pasien membuat keputusan atau pilihan sesuai realita.
3.

Resiko infeksi berhubungan dengan adanya indurasi.Tujuan :

Anak akan menunjukkan tidak adanya tanda atau gejala infeksi.

KH :

Suhu tubuh kurang dari 37oC
Tidak ada drainase dari luka (cephal hematom)
Tidak ada tanda-tanda infeksi.
Sel darh putih dalam batas normal sesuai dengan usia.


Kaji keadaan indurasi pada anak.
Pantau suhu suhu anak setiap 4 jam
Kaji tanda dan gejala meningitis, termasuk kakuk kuduk, peka rangsang, nrei kepala, demam, muntah, dan kejang–kejang.
Ganti balutan indurasi(jiak ada) dan gunakan teknik sterilisasi.


Mengidentifikasi adanya infeksi secara dini.
Hipertermi merupakan suatu tanda infeksi.
Meningitis merupakn komplikasi yang mengkin terjadi padasetiap kejadian cephal hematom walaupun jarang.
Teknik steril akan membantu mencegah masuknya bakteri kedalam luka dan mengurangi infeksi.
Tabel 1. Rencana keperawatan (Speer, Kathleen Morgan.2007)

BAB III

PENUTUP



3.1  Kesimpulan

Caput succedaneum adalah pembengkakan yang edematosa atau kadang-kadang ekimotik dan difus dari jaringan lunak kulit kepala yang mengenai bagian yang telah dilahirkan selama persalinan verteks. Edema pada caput succedaneum dapat hilang pada hari pertama, sehingga tidak diperlukan terapi. Tetapi jika terjadi ekimosis yang luas, dapat diberikan indikasi fototerapi untuk kecenderungan hiperbilirubin. Kadang-kadang caput suksadenum disertai dengan molding atau penumpangan tulang parietalis, tetapi tanda tersebut dapat hilang setelah satu minggu.

Cephal hematom merupakan perdarahan subperiosteum. Cephal hematom terjadi sangat lambat, sehingga tidak nampak adanya edema dan eritema pada kulit kepala. Cephal hematom dapat sembuh dalam waktu 2 minggu hingga 3 bulan, tergantung pada ukuran perdarahannya. Pada neonatus dengan sefalhematoma tidak diperlukan pengobatan, namun perlu dilakukan fototerapi untuk mengatasi hiperbilirubinemia. Tindakan insisi dan drainase merupakan kontraindikasi karena dimungkinkan adanya risiko infeksi. Kejadian cephal hematom dapat disertai fraktur tengkorak, koagulopati dan perdarahan intrakranial.

3.2  Saran

Pada caput succedaneum dan cephal hematom, perawat bisa menjelaskan kepada ibu dan keluarga bayi bahwa tidak diperlukan tindakan atau penanganan khusus bila tanpa komplikasi. Salah satu penyebab cephal hematom adalah trauma lahir, karena itu untuk mencegah terjadinya caput succedaneum dan cephal hematom bisa dilakukan dengan memimpin persalinan yang aman dan tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Jenis Bisnis Online Yang Menghasilkan Uang

Cara Memainkan Game PS2 Melalui Slot USB Flashdisk

Cara membuat orgasme mengunakan jari tangan