Gizi dan Menstruasi

Anak adalah amanah yang diberikan Allah kepada umat-Nya. Oleh karena itu sudah sewajarnya kita menjaga dan menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya. Segala upaya kita lakukan demi kebaikan, kebahagiaan, dan masa depan anak kita. Demikian juga dalam hal memenuhi kebutuhan hidupnya, baik itu pangan, sandang, papan, maupun kebutuhan rohani akan diupayakan orangtua semata-mata demi kebaha-giaan anak-anaknya.
Tidak dapat dipungkiri krisis ekonomi yang berkepanjangan dan era globalisasi yang sedang melanda saat ini membawa dampak adanya kecenderungan kedua orangtua (bapak ibu) sama-sama mengambil peran ganda, yaitu peran publik dan peran domestik. Kesibukan orangtua ini membawa pada munculnya kecenderungan ”hidup serba cepat dan praktis” dengan prinsip yang penting semuanya berjalan lancar dan tidak menim-bulkan masalah besar.
Sebagai orangtua kita berusaha mengawasi perkembangan dan pertumbuhan anak dari hari ke hari dan memenuhi kebutuhan makan anak-anaknya. Namun satu hal penting sering terlupakan, yaitu mengontrol pemenuhan kebutuhan gizi yang seimbang dan menanamkan pola konsumsi pangan yang sesuai dengan anjuran kesehatan. Mung-kin terbersit di pikiran kita, apa pentingnya orangtua memperhatikan hal itu, jika kenyataannya anak-anak ”enjoy” saja dan dapat membeli makanan yang sesuai dengan seleranya.
Sebagai orangtua tentunya kita menginginkan pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya normal dan baik, namun jika ternyata terjadi penyimpangan kita tentu tidak dapat mengelak. Saat ini ada fenomena pada anak-anak perempuan yang mengalami menstruasi dini yang kemungkinan ada kaitannya dengan pola konsumsi pangan mereka? Seperti apakah hubungan itu dan perlukah kita mewaspadai terjadinya menstruasi (menarkhe) dini terhadap kesehatan mereka ? Untuk mengetahui hal tersebut, maka pada kesempatan ini marilah kita bahas bersama-sama.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memainkan Game PS2 Melalui Slot USB Flashdisk

Cara Membuat Tulisan Unik Menarik dan Kreatif Online

Cara Memasang Audio/Musik/Mp3 di blog Otomatis mengulang