Pembentukan kelenjar payudara

                      Selamat datang di pita biru                      

Pembentukan kelenjar payudara
Formation of the mammary gland
 
1. Sebelum Pubertas
 
Duktus primer dan duktus sekunder sudah terbentuk pada masa fetus. Mendekati Pubertasterjadi pertumbuhan yang cepatdari system duktus terutama di bawah pengaruh hormon estrogen sedang pertumbuhan alveoli oleh hormone progesterone. Hormon yang juga ikut berperan adalah prolaktin yang dikeluarkan oleh kelenjar adenohipofise anterior. Hormon yang kurang berperan adalah hormone adrenalin,tiroid, paratiroid dan hormone pertumbuhan. 

2. Masa Pubertas

Pada masa ini terjad pertumbuhan percabangan-percabangan system duktus,proliferasi dan kanalisasi dari unit-unit lobuloalveolar yamg terletak pada ujung –ujung distal duktulus. Jaringan penyangga stoma mengalami organisasi dan membentuk septum interlobalir. 

3. Masa siklus menstruasi

Perubahan kelenjar peyudara wanita dewasa berhubungan siklus mentruasi dan pengaruh pengaruh hormone yang mengatur siklus tsb seperti estrogen danprogrsteronyang dihasilkan oleh korpus luteum. Bila kadar hormone tersebut meningkat maka akan terjadi edema lobulus , secara klinik payudara dirasakan berat dan penuh.Setelah mentruasi kadar estrogen dan progesterone,berkurang. Yang bekerja hanya prolaktin saja. Oedem berkurang sehingga besar payudara berkurang juga. Hal ini menyebabkan payudara selalu tambah besar pada tiap siklus ovulasi mulai dari permulaan mentruasi sampai umur 30 tahun. 

4. Masa Kehamilan

Pada awal kehamilan terjadi perningkatan yang jelas dari duktulus yang baru ,percabangan-percabangan dan lobulus, yang dipengaruhi oleh hormone plasenta dan korpus luteum. Hormon yang
membantu mempercepat pertumbuhan adalah Prolaktin, laktogen plasenta, korionik gonado tropin,insulin ,kortisol hormone tiroid, Parathyroid, dan hormone pertumhuhan.

5. Pada 3 bulan Kehamilan

Prolaktin dari adeno hipofise mulai merangsang kelenjar air susu untuk menghasilkan air susu yang disebut kolostrum. Pada masa ini kolostrum masih di hambat oleh estrogen dan progesterone.tetapi jumlah prolaktim meningkat hanya aktifitas dalam pembuatan kolustrum yang ditekan.6. Pada Trimester kedua Kehamilan Laktogen plasenta mulai merangsang pembentukan kolostrum. Keaktifan dari rangsangan hormone terhadap pengeluaran air susu telah didemontrasikan kebenararannya bahwa seorang ibu yang melahirkan bayi berumur 4 bulan dimana bayinya meninggal , tetap keluar kolostrum (skema 1).
 
 

____________
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Jenis Bisnis Online Yang Menghasilkan Uang

Cara Memainkan Game PS2 Melalui Slot USB Flashdisk

Cara Memasang Audio/Musik/Mp3 di blog Otomatis mengulang