Hubungan cara buat warnet dengan letak wilayah desa

Pengertian
Warnet adalah kependekan dari warung internet. warung adalah tempat untuk berjualan.
desa adalah bagian wilayah terkecil dari sebuah negara. bisa identik dengan pelosok(terbelakang).

Rumusan masalah
bagaimana caranya buat warnet di pelosok desa tapi disana tidak ada telephon apalagi sambungan internet?

Pembahasan
kata kunci modem usb wireless
Rancang jaringan LAN standar TCP / IP seperti biasa aja Server IP : 192.168.0.1 selanjutnya bisa sampai 10 client 192.168.0.2 s/d 192.168.0.10 dst (sangat mudah dipelajari). Yang terpenting yang harus anda ingat yaitu menonaktifkan autorun di server sehingga modem tidak menjadi (Plug And Play) PnP, artinya jangan sampai menu autorun dari si Modem jalan. Selanjutnya kita akan membuat "dial up" sendiri karena inilah yang bisa di share di jaringan LAN kita, kalau dari menu standar modem tidak bisa di share. tidak disediakan dari providernya mungkin supaya modemnya banyak yang laku yaitu 1 modem untuk satu komputer. sedangkan kita 1 modem untuk 10 komputer he.. he.. lumayan lho... Untuk mengetahui IP Gateway provider anda gunakan perintah IPconfig /all. IPConfig adalah salah satu internal command di MS. Command Prompt (CMD) yang berfungsi untuk melihat dan mengkonfigurasi settingan perangkat jaringan.(Gracia Komunika,09/04/12)

Sebelum ADSL, kita sudah terlebih dulu mengenal sistem yang disebut dial-up. Sistem ini menggunakan sambungan kabel telepon sebagai jaringan penghubung dengan Internet Service Provider (ISP). Namun dalam penggunaannya, dial-up memiliki beberapa kekurangan. Seperti rendahnya kecepatan dalam mengakses internet, terlebih di jam-jam tertentu yang merupakan waktu sibuk atau office hour. Selain itu, karena menggunakan sambungan telepon, kita tidak bisa menggunakan telepon bila sedang melakukan koneksi internet. Penggunaan sambungan telepon juga memungkinkan tingginya tingkat gangguan atau noise bila sedang menggunakan internet. Kekurangan lainnya adalah sistem penghitungan dial-up yang masih berdasarkan waktu dan masih dirasakan sangat mahal. (speedymakassar)

ADSL sendiri merupakan salah satu dari beberapa jenis DSL, disamping SDSL, GHDSL, IDSL, VDSL, dan HDSL. DSL merupakan teknologi akses internet menggunakan kabel tembaga, sering disebut juga sebagai teknologi suntikan atau injection technology yang membantu kabel telepon biasa dalam menghantarkan data dalam jumlah besar. DSL sendiri dapat tersedia berkat adanya sebuah perangkat yang disebut DSLAM (DSL Acces Multiplexter). Untuk mencapai tingkat kecepatan yang tinggi, DSL menggunakan sinyal frekuensi hingga 1 MHz. Lain halnya untuk ADSL, sinyal frekuensi yang dipakai hanya berkisar antara 20 KHz sampai 1 MHz. Sementara untuk penggunaan ADSL di Indonesia dengan program Telkom Speedy, kecepatan yang ditawarkan berkisar antara 1024 kbps untuk downstream dan 128 kbps untuk upstream. Kecepatan downstream inilah yang menjadikan ADSL lebih cocok untuk kalangan rumah tangga. Karena pada kalangan rumah tangga umumnya lebih banyak kegiatan menerima, dibandingkan kegiatan mengirim. Seperti mendownload data, gambar, musik, ataupun video.(speedymakassar)

System jaringan yang akan kita lempar jauh kepelosok pedesaan itu haruslah memenuhi beberapa kriteria, antara lain :(speedymakassar)
1. Sinyal Internet tersebut haruslah kuat dengan delay pelemparan sinyal antara 1-3 millisecond (ms)2. Diupayakan jaringan tersebut jangan sampai terjadi Real Time Out (RTI) yang banyak antara Pusat server dan Penerima.3. Menggunakan pelempar sinyal yang kuat dan tahan terhadap gangguan cuaca yang terjadi didaerah tersebut, sebab akan dipasang secara OUTDOOR nantinya.4. Antena yang digunakan minimal punya penguatan 24dB Gain agar sinyal terjamin mutunya.5. Tx Power dari alat pelempar tesebut harus mampu memenuhi pemenuhan sinyal sebesar minimal 35% (60dB Sinyal Receiver)6. Pemenuhan Sinyal Frednel Zone (SFZ) dapat tercapai tanpa halangan yang berarti seperti Bukit, Gunung, atau Gedung bertingkat.7. Tx dan RX sinyal seimbang akan sinyal pancar terima yang terjadi sesuai dengan ketentuan yang akan dicapai.





baca :

12________________
sumber :                         speedymakassar.com
Gracia Komunika.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Jenis Bisnis Online Yang Menghasilkan Uang

Cara Memainkan Game PS2 Melalui Slot USB Flashdisk

Cara Memasang Audio/Musik/Mp3 di blog Otomatis mengulang