shitting relationship with health



PENGERTIAN
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
Adab adalah norma atau aturan mengenai sopan santun yang didasarkan atas aturan agama, terutama Agama Islam. Norma tentang adab ini digunakan dalam pergaulan antarmanusia, antartetangga, dan antarkaum. dan kami artikan yaitu cara.
Hajat adalah keinginan dan bisa diartikan keperluan.


sumber : http://id.wikipedia.org | kumpulan-berita-terheboh.blogspot

MUSLIM BUANG HAJAT
Ketika masuk WC mendahulukan kaki kiri dan ketika keluar mendahulukan kaki kanan, berlawanan dengan ketika masuk atau keluar masjid dan ketika memakai atau melepas sandal. Ketika duduk hendaklah mengangkat kainnya sedikit saja, bersandar di atas kaki kirinya, dan tidak berdiam (tinggal di WC) kecuali seperlunya saja. Adapun alasan mengapa kaki kiri yang didahulukan ketika masuk dan kaki kanan ketika keluar adalah karena kaki kiri untuk yang kotor dan kanan untuk yang lainnya. Begitu pula, karena kaki kanan itu lebih berhak untuk mendahulukan untuk menuju tempat-tempat yang baik dan lebih berhak untuk diakhirkan apabila menuju tempat-tempat yang kotor. Adapun mengangkat kainnya sedikit demi sedikit itu berdasarkan riwayat Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu.
BACA SELENGKAPNYA KLIK LINK PADA SUMBER

PENYEBAB SEMBELIT
  1. diet buruk
  2. kurang minum air putih
  3. kaffein dan alkohol
  4. kebiasaan bab yang buruk
  5. konsumsi obat jangka panjang
  6. bepergian
  7. penggunaan obat pencahar
  8. proses kehamilan
sumber : tips diet cepat


CARA BUANG HAJAT
  1. menyiram terlebih dahulu kloset yang akan digunakan. kenapa perlu dilakukan? karena jika kita tidak menyiram terlebih dahulu sebelum buang air BAB/BAK.
  2. jangan terlalu sering menggunakan pembersih kloset karena pembersih kloset dapat mematikan bakteri yang akan membusukkan kotoran.
  3. bersihkan dan keringkan bagian tubuh yang sudah basah saat buang hajat karena bisa menambah lembab pada badan dan atau ada kuman yang pindah.
  4. bila anda yang ingin melakukan buang air besar di toilet yang bukan dirumah (wc umum), pilihlah toilet yang menurut anda benar benar bersih, karena sebenarnya keadaan toilet tersebut sangat berpengaruh dalam kesehatan kita saat buang air besar.
  5. cari posisi yang nyaman.

sumber : ketawajedikman.blogspot

AKIBAT SEMBELIT
Sembelit tidak bisa dianggap remeh. Data di RSCM menyebutkan bahwa dari semua pasien dengan sembelit, 36,4 persen di antaranya menderita wasir atau hemoroid. Sementara delapan persen di antaranya menderita tumor ganas atau kanker usus.
Menurut dr Herry, ada beberapa cara untuk mencegah dan mengobati masalah sembelit. Selain memperbanyak konsumsi serat, juga memperbanyak aktivitas fisik, minum air putih minimal dua liter per hari secara teratur, dan rajin mengonsumsi makanan mengandung probiotik seperti yogurt.


BAHAYA NAHAN BAB/BAK
Mengabaikan hasrat buang air kecil ke toilet akan menyuburkan perkembangbiakan bakteri di dalam kandung kemih.

* Menahan kencing juga mengakibatkan gangguan pompa kandung kemih. Setelah menahannya, urin tak bisa tuntas dikeluarkan. Orang menyebutnya anyang-anyangan.

* Jangan sepelekan kebiasaan menahan buang air kecil dan kondisi tersebut, karena sisa urin yang sulit keluar. Karena Hal inilah yang berpotensi menimbulkan infeksi saluran kemih.

* Menahan buang air kecil juga tidak boleh dilakukan menjelang berhubungan seksual. Karena ketika kandung kemih penuh, saluran uretra lebih terbuka sehingga memudahkan masuknya bakteri dari organ intim. Ketika bakteri masuk, terjadilah infeksi saluran kemih.

Bahaya susah buang air besar
Bahaya susah buang air besar Menurut dr Herry, ada beberapa cara untuk mencegah dan mengobati masalah sembelit. Selain memperbanyak konsumsi serat, juga memperbanyak aktivitas fisik, minum air putih minimal dua liter per hari secara teratur, dan rajin mengonsumsi makanan mengandung probiotik seperti yogurt.
Tinjau hubungan buang air besar dengan kesehatan di India
"Buang air besar terbuka adalah ancaman serius bagi status kesehatan dan gizi, selain keselamatan perempuan dan anak perempuan," kata laporan yang dikeluarkan oleh Komisi Perencanaan Wakil Ketua Montek Singh Ahluwalia,.
Menurut laporan itu, sekitar setengah dari rumah tangga India tidak memiliki akses ke fasilitas sanitasi di 2008-09. Lebih dari 60 persen rumah tangga di Bihar, Chhattisgarh, Jharkhand, Madhya Pradesh, Orissa, Rajasthan dan Uttarakhand adalah tanpa toilet.
"Situasi ini lebih buruk di daerah pedesaan, terutama di negara-negara, di mana lebih dari 75 persen rumah tangga tidak memiliki fasilitas toilet.Bahkan jika satu rumah tangga yang membuang air besar di tempat terbuka, rumah tangga yang dapat menjadi sumber diare untuk semua rumah tangga, "katanya.


ADAB BUANG AIR BESAR/KECIL
Adab yang diajarkan Rosululoh tentang tata cara BAB dan BAK

  1. Jangan menampakan aurat kepada orang lain ketika BAB.
  2. Harus di tempat yang tertutup (HR.Muslim)
  3. Jangan Biang air di lubang binatang, dijalan, ditempat berteduh, disumber air, di tempat pemandian dibawah pohonyang sedang berbuah di air yang mengalirke arah orang mandi ( HR.Muslim),Turmuzi)
  4. Abu Hurairah menceritakan, Rosululoh bersabda jangan lah kamu kencing di air yang tenang, dimana kamu mandi pula disitu ( HR.Muslim)
  5. Masuklah ke dalam jamban /WC  denganmendahulukan kaki kiri, keluar dengan mendahulukan kaki kanan (HR> Tirmizi)
  6. Sebelum masuk jamban di sunatkan  membaca do’a : Allahumma inni a’uudzubika minalkhubutsi walkhobaaits ( Ya Allah aku berlindung kepada Mu dari bahaya kotoran dan dari segala macam yang membahayakan ). Khubutsi dan Khabaaits oleh Ibnu Hiban al Khathabi diartikan  sebagaisyaitan laki-laki dan perempuan.
  7. Setelah keluar dari jambandi sunahkan membaca do’a Ghufronakal hamdulillahiladzi adzhaba anni adzaa wa aafani ( aku memohon ampunan Mu, segala puji bagi Allah yang menghilangkan penyakit dari ku dan telah menyembuhkan aku ( HR.Tirmidzi), Nasai, Ibnu Majah)
  8. Jangan berlama-lam dijamban, karena hal itu merupakan suatu mudharat, apabila telah selesai hajatnya, secepatnya keluar  dari jamban ( HR. Nasai , Ibnu Majah)
  9. Tidak boleh menjawab salamketika berada didalam  jamban,, cara menjawab cukup dengan isyarat suara ( HR. Muslim, Tirmidzi, Nasai.
  10. Jangan membaca lapaz Allah dan Muhamad atau ayat alquran ke dalam jamban ( Nasai)
  11. Pergunakan tangan kiri  ketika membersihkan kemaluan dan dubur, jangan menyentuhnya dengan tangan kanan ( HR. Muslim)
  12. Bersucilah sebanyak bilangan ganjil minimal 3 kali.
sumber : http://ajatnika.blogspot.com/2011/10/buang-air-besar-menurut-hadist.html


_______________________________________

Cara copy paste Blog yang terkunci menurut diwordpress

Tips copy paste artikel blog menurut diwordpress
Cara merekam aktivitas layar komputer menurut mencariuangdiinternet
Cara agar artikel blog tak bisa di kopas menurut bed0el.blogspot

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam Jenis Bisnis Online Yang Menghasilkan Uang

Cara Memainkan Game PS2 Melalui Slot USB Flashdisk

Cara Membuat Tulisan Unik Menarik dan Kreatif Online