BISAKAH BUAH PEPAYA SEBAGAI OBAT STROKE


Beberapa orang berpikir bahwa buah pepaya hanya sebagai makanan pelengkap dan kebanyakan orang selama ini mengenalnya sebagai pencuci mulut jika buah sudah masak. Paling sering terdengar adalah getah pepaya digunakan untuk pelunak daging dalam proses memasak. Belum banyak orang yang mengetahui bahwa buah pepaya mengandung berbagai manfaat dan kasiat untuk kesehatan. Tetapi ada klinik pengobatan alternatif yang menggunakan buah pepaya sebagai ramuan utama dalam pengobatannya. Walaupun penyakit yang diderita kliennya berbeda-beda klinik tersebut tetap menggunakan pepaya sebagai obat utama yang disarankan kepada kliennya. Seakan papain atau dikenal pepaya ini sangat berkasiat dan ampuh untuk mengobati segala macam penyakit. Bagaimana jika ada klien yang menderita penyakit stroke,bisakah buah pepaya sebagai obat stoke?. Mungkin ini pertanyaan yang terlintas dalam kepala.
Batang, daun, dan buah pepaya mengandung getah berwarna putih. Getah ini mengandung beberapa zat bermanfaat untuk kesehatan. Diantara daun, batang ,dan buah pepaya yang paling berkualitas yaitu buahnya. Menurut Supiyatna kutipan dari blog argoprima.com “getah yang berasal dari buahlah yang paling berkualitas, papain dari batang dan daun hanya memiliki aktifasi proleolitik sekitar 200 MCU/gram sementara dari buahnya lebih banyak, sekitar 400 MCU/gram”. Pepaya bersifat toksik tidak ada reksi samping. Zat yang terkandung dalam buah pepaya  yaitu vitamin C, vitamin E, beta karoten, asam folat, enzim, serat. Enzim digunakan untuk mengobati luka, cidera dan alergi. Serat yang terkandung didalam buah pepaya merupakan serat yang sangat baik, serat pepaya mampu mengikat zat-zat beracun dan menurunkan kadar kolesterol tinggi. Asam folat mengubah zat asam amino homosistein menjadi jinak. Homosistein dapat menempel di dinding pembuluh darah jika tidak diubah menjadi jinak. Ini sebagian manfaat zat yang terkandung dalam buah papain atau pepaya. Sedangkan stroke adalah penyakit pembuluh darah otak, ditandai dengan kematian jaringan otak. Kematian jaringan ini dikarenakan aliran darah yang membawa oksigen ke otak kurang. Aliran darah ke otak berkurang dikarenakan ada sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah. Stoke menurut WHO dibagi dua yaitu stroke iskemik dan stroke hemorragik. Stroke iskemik adalah tersumbatnya pembuluh darah menuju ke organ otak yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti. Stroke hemorragik adalah stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak. Faktor penyebab stroke yaitu hipertensi. Kasus hemorragik terjadi pada penderita hipertensi yaitu merupakan penyakit tekanan darah tinggi. Stroke bisa disebabkan karena pembuluh darah tersumbat oleh kolesterol. Gangguan jantung bisa mengurangi pasokan darah ke otak sehingga menyebabkan stroke. Darah mengalir ke otak menjadi lambat, dikarenakan kadar gula dalam darah tinggi. Sering memgkonsumsi makanan yang berlemak bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit ini. Hubungan antara zat-zat terkandung dalam buah pepaya dengan penyakit stroke adalah terkait dalam proses penyumbatan pembuluh darah yang menuju ke otak, yang berfungsi membawa oksigen menuju ke otak. Zat-zat dalam getah pepaya akan membantu mengubah lemak jahat (yang bisa menempel di pembuluh darah) menjadi lemak jinak sehingga bisa terurai dengan kalori, maka tidak menyumbat aliran darah di pembuluh. Vitamin C, vitamin E dan beta-karoten akan membantu mencegah oksidasi kolesterol. Kolesterol yang teroksidasi bisa menjadi plak dan bisa menumpuk akhirnya dapat menyebabkan serangan stroke. Enzim, vitamin dan mineral yang terkandung dalam pepaya membantu metabolisme sehingga memperbaiki sel-sel darah dan menormalkan kadar gula darah. Jika sel-sel darah baik maka akan memperkuat pembuluh darah atau arteri sehingga tidak mudah pecah dan menyempit yang bisa menyebabkan stroke.
Adanya zat-zat tersimpan dalam getah pepaya yang berfungsi sebagai pencegah dan pemulihan dalam penderita penyakit stroke, maka buah papain yang sering dikenal pepaya bisa menjadi obat penyakit stroke.
REFERENSI

-          Seri Gaya Hidup Sehat: Cara Bijak Hadapi Stroke, Jantung & Pembuluh Darah, Agustus 2007, PT Gramedia.
-          http://blog.agroprima.com/?p=12

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih telah sedia mengisi dengan santun

Postingan populer dari blog ini

Cara Memainkan Game PS2 Melalui Slot USB Flashdisk

Cara Membuat Tulisan Unik Menarik dan Kreatif Online

Cara Memasang Audio/Musik/Mp3 di blog Otomatis mengulang